Menyusui Sambil Tiduran Miring, Berbahayakah?

Copas jawaban pertanyaan dari grup fb AIMI:

https://m.facebook.com/groups/10676814777?view=permalink&id=10152742770469778&p=10&refid=18

Apakah benar menyusui dengan posisi tidur miring (side-lying) tidak diperbolehkan? Jika tidak diperbolehkan mengapa, jika diperbolehkan bagaimana caranya?

Menyusui sambil tidur miring (side-lying) DIPERBOLEHKAN. Bayi baru lahir ke dunia saja sudah diajari menyusu dengan posisi tidur tengkurap ala posisi IMD. Di berbagai literatur, posisi menyusui side lying atau tidur miring bahkan dianjurkan untuk mereka yang baru saja menjalani operasi cesar. Sebagaimana SEMUA posisi menyusui, tetap ada syaratnya: pelekatan menyusui harus tepat. Apa pun posisi menyusuinya, yang penting pelekatan harus tepat. Itu yang SELALU kami tekankan ke semua member. Untuk posisi menyusui tidur miring, posisi pelekatan yang tepat berarti perut ibu harus menempel pada perut bayi, badan bayi seluruhnya menghadap ke badan Ibu (saling berhadapan), dan jangan lupa posisi tubuh ibu dan bayinya sama tinggi, kalau tidak ya tidak bisa melekat dengan baik.

Detail tentang posisi dan pelekatan menyusui ada di dokumen grup (ini link-nya: https://www.facebook.com/notes/asosiasi-ibu-menyusui-indonesia/seputar-posisi-dan-pelekatan-menyusui/10151641563564778, gambarnya ada di album foto grup: https://www.facebook.com/media/set/?set=oa.10152199207654778&type=1. Dengan pelekatan yang benar, itu akan mencegah hidung bayi tertutup payudara ibu, meminimalisir bayi tersedak, dan mencegah ASI mengalir ke mana-mana termasuk ke telinga, dan sebagainya.

Kuncinya, APA PUN POSISI MENYUSUINYA, PELEKATANNYA HARUS SELALU PAS:). Kalau aliran tidak pas, posisi apa pun bisa membuat aliran ASI-nya ke mana-mana, membuat bayi tersedak. Coba Anda bayangkan ketika menyusui dengan posisi duduk yang cradle hold atau mendekap. Sebetulnya posisi bayi sama saja kok dengan yang menyusui dengan tidur miring, seluruh badan bayi harus menghadap ke ibu, berarti bayi sepenuhnya miring kan? Sama dengan posisi menyusui sambil tiduran. Tidak ada bedanya. Bedanya hanya kalau cradle, tubuh bayi disangga tangan dan lengan ibu. Kalau di posisi tidur miring coba cari ganjal bantal atau selimut misalnya biar posisi sama tinggi. Tangan ibu juga tetap bisa menyangga tubuh bayi jika ingin. Jadi kalau argumennya menyusui dengan tidur miring ASI bisa masuk telinga atau bisa membuat tersedak ya dengan posisi cradle yang biasa digunakan dalam posisi duduk pun bisa demikian.

Menyusui dengan posisi tidur miring (side lying) direkomendasikan di berbagai literatur tentang menyusui di seluruh dunia. Bagi mereka yang tidak mendapatkan pelatihan khusus tentang menyusui dan berbagai detailnya memang banyak yang tidak memahami ini. Silakan Anda cek berbagai literatur tentang menyusui yang dibuat oleh berbagai lembaga internasional, baik lembaga formal negara (yang kami contohkan di sini adalah: American Academy of Pediatrics atau Asosiasi Dokter Anak Amerika Serikat yang menyarankan posisi ini setelah kelahiran cesarian:http://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/breastfeeding/pages/Breastfeeding-After-Cesarean-Delivery.aspx. Atau sumber dari support grup menyusui yang sudah mendunia yaitu La Leche League (LLL): http://www.llli.org/faq/positioning.html. Atau coba cek sumber dari asosiasi menyusui di berbagai negara, salah satunya Australia: https://www.breastfeeding.asn.au/bf-info/early-days/breastfeeding-while-lying-down. Atau silakan baca website medis yang sangat banyak dijadikan referensi di AS: http://www.askdrsears.com/topics/feeding-eating/breastfeeding/rightstart-techniques/best-breastfeeding-positions. Terakhir, dan juga referensi utama para konselor menyusui yaitu modul pemberian asupan bayi yang jadi standar modul pelatihan konselor menyusui standar 40 jam sertifikasi WHO/UNICEF: http://whqlibdoc.who.int/publications/2009/9789241597494_eng.pdf (silakan cek Session 2: The Physiological Basis of Breastfeeding, halaman 15, Figure 9), di sana ada gambarnya juga dan ada catatan tentang bagaimana memposisikan ibu dan bayi agar tercipta pelekatan yang benar.

Jika ibu masih baru dalam keadaan habis melahirkan, masih lemas, masih kelelahan, menyusui dalam posisi apa pun harus dengan pendampingan ya, atau pastikan posisi bayi dalam keadaan yang aman. Posisi menyusui, apa pun itu, harus aman dan nyaman baik untuk ibu dan untuk bayinya. Jadi sekali lagi, jangan salahkan posisinya ya, selama dilakukan dengan pelekatan yang benar.

===============================================================

Ini tambahan lebih spesifik untuk kekehawatiran terkait infeksi telinga, dari tanggapan Mba Fatimah Berliana Monika Purba (Konselor Laktasi dari La Leche League) di thread dr. Arifianto Sp.A. yang membahas apakah batuk pilek yang diobati menyebabkan terjadinya infeksi telinga alias congekan (bahasan selengkapnya di sini https://www.facebook.com/arifianto.apin/posts/10205347934492263). Bayi memang sebetulnya tidak boleh ngedot sambil berbaring/tiduran ‘rata’ karena ada risiko berdampak terkena penyakit infeksi telinga, nah bagaimana dengan nenen sambil tiduran? Di bawah ini ada penjelasannya. Yang jelas, ASI dan sufor adalah dua ‘benda’ yang kandungannya berbeda, lantas menyusu langsung dan mengisap dari dot juga merupakan dua kegiatan yang mekanismenya berlainan.

Menyusui dengan posisi tidur-berbaring miring yang disebut side lying position, sangat dianjurkan untuk beberapa kondisi seperti Ibu pasca persalinan SC, dan secara umum bagi Ibu2 yang kelelahan. Tambahan beberapa referensi:

Will lying down to nurse cause ear infections?
JULY 25, 2011. Posted in: BABY’S HEALTH,PARENTING FAQ
By Kelly Bonyata, BS, IBCLC

You might hear that breastfeeding your baby in a lying down position will cause ear infections. Research indicates that this is not true. No matter what positioning you use, breastfeeding actually works to decrease the incidence of ear infections.

This myth is one of many that has come from a mistaken application of bottle-feeding information to breastfeeding. There is good evidence that if baby is given a bottle of formula while lying flat, the formula can get into the Eustachian tubes and middle ear and cause an infection. However, there are two problems with applying this fact to breastfeeding: (1) breastmilk and formula are not the same — breastmilk inhibits the formation of bacteria, while formula encourages bacteria; and (2) breastfeeding and bottle feeding are not the same — milk does not pool in the mouth when baby is nursing, as as it does when baby drinks from a bottle.

Also, keep in mind that with most nursing positions, baby is lying down while nursing anyway – whether mom is lying down or not!

So don’t be afraid to lie down to nurse your baby. Go ahead and get your rest… while you nurse your baby.

http://kellymom.com/…/parenting-faq/ear-infection-nursing/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s