Pengajian Parenting dengan Ustadz Bendri Jaisyurrohman

Resume Kajian parenting Ustadz Bendri Jaisyurrahman (@ajobendri) di kantor, 20 November 2015.

Ayah bunda harus berbagi untuk pengasuhan: ayah yang menetapkan dan menegakkan aturan, ibu yang menenteramkan. Jangan kebalik, ibu yang ngomel2 sampai stres sendiri, anak bingung ngadu sama siapa, ayah pulang eh malah permisif banget sama apa yang udah dilarang2 sama ibu seharian.

Introspeksi: seringkali kita bisa lebih sabar ramah toleran sama orang lain (rekan kerja, tetangga dst) tapi sama keluarga sendiri mis.adik, anak yang harusnya lebih berhak malah seringnya lebih cepat esmosi 😭😭.

Ada hak istri untuk didengar oleh suaminya, kalau nggak ada waktu atau merasa nggak jago menyampaikan, belajar nlis….

Di era cyber seperti ini ortu wajib trampil menjebol privacy anak.
Ibu perlu punya daya pikat agar anak merindukan saatnya pulang.
Itu dua skill yang perlu dimiliki ibu ya… yang ketiga adalaaah…skill masak
Kalau pijit bisa sekalian jadi sarana ngobrol dari hati ke hati.
Skill keempat…skill mendengar. Karena kalau ngomong perempuan udah gak perlu skill😂😂
Kalau perempuan udah ngomong pendek2 artinya ada yang salah, kalau puanjang lebar artinya lagi hepi😄😄
Anak lagi butuh didengerin jangan langsung dinasehatin. Pelajari teknik cicak, “Ooh gitu ya, Nak, ckckck…”
Penutup: usahakan ketika anak ditanya rumah di mana, anak bisa jawab rumahnya adalah di mana ibu berada.
Kalau lagi LDR-an hendaknya suami nanya dulu kabar istri baru kabar anak.
Ada yang nanya pembagian tugas suami istri, jawabnya tugas suami tentukan visi misi (Ibrahim as), evaluasi (Ya’qub as). Ayah yang akan mendampingi anak menghadapi tantangan dunia luar, memagari. Ibu yang membuat anak selalu pengin pulang, menenteramkan.

 

Versi teman (credit to Tri S)
Tarbiyatul Aulad fil Islam
QS. An-Nisa’: Ayat 9 – وَلْيَخْشَ الَّذِيْنَ لَوْ تَرَكُوْا مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعٰفًا خَافُوْا عَلَيْهِمْ فَلْيَتَّقُوا اللّٰهَ وَلْيَقُوْلُوا قَوْلًا سَدِيْدًا
“Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.”

Saat ini banyak kita temui anak-anak yang usia psikologisnya adalah setengah dari usianya. Misal anak SMA yang usianya 16 psikologisnya masih seperti anak usia 8 tahun.
Zaid bin Tsabit ketika berusia 10 tahun membawa pedang ayahnya yg bahkan tingginya lebih dari tinggi badannya. Dia mendengar hadist Rasulullah bahwa amal yang afdhol adalah jihad fi sabilillah.
Aset yang kita punya seharusnya diinvestasikan ke investasi masa depan. Yakni memberikan pendidikan terbaik utk anak2, memilihkan guru terbaik untuk anak2.

Ibu yang hamil mempunyai 3 hak:
Makan enak
Minum enak
Bahagia
Sebagaimana dalam QS. Maryam: Ayat 26 – فَكُلِىْ وَاشْرَبِىْ وَقَرِّىْ عَيْنًا‌  ۚ فَاِمَّا تَرَيِنَّ مِنَ الْبَشَرِ اَحَدًا  ۙ فَقُوْلِىْۤ اِنِّىْ نَذَرْتُ لِلرَّحْمٰنِ صَوْمًا فَلَنْ اُكَلِّمَ الْيَوْمَ اِنْسِيًّا  ‌ۚ
“maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: “Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini”.”
Kehamilan yg tidak bahagia akan menyebabkan gangguan perkembangan otak pada anak.
Kata Rasulullah ketika ada sahabat yg memarahi istrinya ketika hamil maka dia mendzolimi 2 makhluk. Yakni ibu dan anak yang dikandungnya.

Peran ayah di rumah adalah membuat, menegakkan dan mencontohkan penegakan aturan. Sedangkan peran ibu adalah memberi rasa nyaman.

4 manajemen waktu seorang ibu:
1. Me time-di mana tidak ada diganggu siapa pun dan apa pun
2. Couple time-waktu berdua dengan pasangan
3. Friendly time
4. Social time
Skill agar emosinya positif: biasakan menulis.
Diary…agar bisa menularkan emosi. Ini utk mengantisipasi suami yg tidak peka.
Jebol privasi anak. Jangan sampai anak2 punya privasi dari kita.
Skill agar emosinya positif:
1. biasakan menulis.
2. Skill memasak (agar anak kangen dengan kita) 😁
3. Memijit 😘
Ketika memijit maka ibu menyentuh 3 area pribadi anak. Perut, punggung, telapak tangan. Dan area pribadi yg disentuh ibu akan membuat anak lancar bercerita.
4. Mendengar
Sabar menahan lisan ketika anak bercerita. Gunakan tehnik cicek…ketika anak bercerita ckckckc…ckckckc…..
Tugas ayah:
1. Menjadi suami yg hebat
2. Penetu visi keluarga
3. Melakukan evaluasi thd perkembangan keluarga
Krn nasab anak adalah pada bapaknya maka Allah akan dihisab mengenai anaknya.
4. Menegakkan aturan
Misal aturan tidk boleh liat tv habis maghrib ayah yg buat aturan dan menegakkan (fungsi kepala sekolah dan ibu sebagai madrosatul ula).

Pembagian tugas: ayah membimbing danenguatkan agar anak kuat mnghadapi dunia luar dan ibu yg membuat anak selalu rindu utk pulang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s