Bekal Menjawab Pertanyaan Anak

Pertanyaan anak-anak seringkali mengejutkan kita, para orangtua. Tak jarang ada pertanyaan yang membuat kita salah tingkah, atau kaget. Bukan hanya bingung karena tidak tahu jawabannya, tetapi juga jadi pusing bagaimana menyampaikan jawaban dengan tepat. Takutnya anak salah paham, justru penasaran, kemudian tidak puas dan terus bertanya, atau jangan-jangan malah mencari tahu dari sumber lain.
Ini beberapa buku yang jadi bekal saya buat menjawab pertanyaan Fathia, sebagian besar bisa dibaca bareng-bareng karena banyak gambar yang memudahkan penjelasan.
buku pertanyaan

1. Seri Widya Wiyata Pertama Anak-anak (Tiga Raksa)

Ini bukunya gede, hardcover, berat juga, isinya cukup komplet (ada tema Roda dan Sayap, Ulah Binatang, Kehidupan di Bawah Air, Bumi dan Angkasa dst). dengan gambar dan foto yang besar-besar juga. Baru punya beberapa, beli ketengan kalau lagi ada yang jual 2nd (versi lama) hehehe.

2. Seri Aku Ingin Tahu Mengapa (Grolier)

Ini cuma punya satu sih, kado. Hard cover tapi tipis, bertema (yang dipunya ini soal padang pasir), banyak gambar kecil-kecil, lumayan lah untuk menerangkan.

3. Ensiklopedia Pertanyaan Besar Mengapa (BIP)

Buku tunggal, yang dibahas pertanyaan yang cenderung serius seperti apa HAM itu, kenapa nggak boleh terlalu banyak nonton, apa itu rasisme, mengapa kita suka lelucon, dst, jawabannya juga panjang-panjang sih, dan terjemahannya agak kaku. Tapi tetap nggak terlalu berat buat disimak, bergambar juga.

4. Emotional Intelligence Series #1: Apa Kamu Punya Rahasia? (BIP)

Berisi cergam, di bagian akhir tiap cerita ada penjelasan untuk membantu orangtua menerangkan kondisi tertentu seperti ibu bekerja, rasa malu, dan menyambut adik baru.

5. Seri Ensiklopedia Junior: Tubuh Manusia (Émilie Beaumont, BIP)

Ada judul-judul lain dalam seri EJ, tertarik sama judul yang ini karena direkomendasikan mba Fatimah Berliana Monika Purba (konselor laktasi Leader la Leche League) untuk pendidikan seks bagi anak. Nah pas beli minggu lalu dan buka-buka, ngng…kayaknya perlu dibahas berdua sama ayahnya dulu deh ini sebelum dibacain ke kakak, hahaha. Soalnya gambarnya (kartun) lumayan jelas soal anatomi tubuh dan proses kehamilan.

6. Balita Bertanya, Anda Menjawab (Pritha Khalida & Saniawati, PandaMedia)

Ini buku panduan untuk orangtua (minim ilustrasi), ada bab tubuh kita, peraturan, alam sekitar, agama/ketuhanan. Asli Indonesia, jadi bahasanya juga lebih mengalir dan enak dibaca.

Yang bukunya nyelip waktu mau difoto:

7. Anak Bertanya, Anda Menjawab (Adil Fahmi, Maghfirah Pustaka)

Ini lebih sebagai panduan bagi orangtua (minim ilustrasi) untuk membahas pertanyaan-pertanyaan yang terkait agama khususnya Islam ya, termasuk Allah ada di mana, kematian dst.

8. Seri Mengapa Bagaimana (BIP)
Baru punya yang Dinosaurus sama Ekologi, nggak setebal dan sebesar WWP jadi praktis dibawa-bawa. Suka diselipi ilustrasi konyol dalam pembahasannya.

9. How to Make a Baby, Mommy? (Dian Mardi & Gita Lovusa, Mizan)

(bersambung, ada beberapa buku lain yang mau dimasukkan)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s