Bukan Sakura dalam Pelukan

Bukan, saya memang bukan mau membahas lagu Fariz RM yang belakangan dipopulerkan kembali oleh Rossa kemudian karena masuk dalam CD kompilasi yang diedarkan oleh kantor pusat (saya tidak tahu siapa yang menyanyikan versi yang ini) jadi sering diputar di kantor….

SAMSUNG DIGIMAX A403

Ceritanya, beberapa tahun yang lalu seorang teman sesama pengguna Multiply (penyedia layanan blogging semi-media sosial yang sudah ditutup) memposting soal bunga-yang-sering-dikira-sakura ini. Saya lupa-lupa ingat sih bahasan utamanya waktu itu apa, tapi yang jelas waktu itu mbak Lessy yang lincah ini sedang berada di Jepang dan bercerita mengenai bunga sarusuberi. Melihat foto yang dipasang, saya jadi ingat pohon bunga serupa di rumah orangtua. Ya, selama ini kami tahunya pohon itu namanya pohon (bunga) sakura. Padahal sarusuberi dan sakura adalah dua bunga yang berbeda.

Tahun demi tahun berlalu dan saya sudah lupa nama sesungguhnya yang pernah diceritakan oleh mbak Lessy. Kemudian di pameran Flora-Fauna (Flona) di Lapangan Banteng saya melihat pohon bunga ini dijual dengan papan nama bunga sakura. Karena tidak berhasil mengingat nama asli yang pernah disebutkan itu, saya pun googling sambil bertanya juga ke mbak Lessy via facebook. Jadinya saya malah menemukan bahwa pohon bunga ini punya ‘nama Indonesia’ yang jauh lebih populer: bungur kecil. Nama Inggrisnya sih crape myrtle, sedangkan nama latinnya adalah Lagerstroemia indica L. Beberapa bagian dari tanaman sarusuberi juga ternyata dimanfaatkan orang sebagai obat-obatan, selengkapnya bisa dibaca di sini (walaupun kalau saya juga tidak berani coba-coba sendiri, hehehe).

Blog hasil pencarian saya ini memberikan informasi bahwa berbeda dengan bunga sakura alias cherry blossom yang mekar pada bulan April, sarusuberi akan berbunga pada bulan Agustus. Wah, sebentar lagi dong ya. Pantas saja waktu saya minta tolong adik memfotokan di bulan puasa dia bilang “Lagi ora kembang”. Untungnya ketika buka-buka folder lama masih ada foto di atas.

Advertisements

2 thoughts on “Bukan Sakura dalam Pelukan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s