Hati-hati Mengisi Kuis di Facebook!

Siapa yang paling sering mengintip profil facebook Anda? Apa arti nama kita? Bagaimana karakter kita kalau dilihat dari wajah? Siapa sahabat terbaikmu kalau dilihat dari postingan facebook? Princess Disney mana yang paling mirip sama kamu?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut di atas memang biasanya mengundang rasa penasaran. Umumnya sih ada kontak facebok yang duluan memposting hasil yang ia peroleh, lalu kita tertarik ikut mencari tahu. Cukup dengan beberapa kali klik (atau tap), jawabannya sudah bisa diketahui. Nah, di antara sekian klik/tap tersebut, umumnya akan ada permintaan izin dari aplikasi ‘kuis’ untuk mengakses informasi tertentu di profil kita. Kalau kita menolak/klik tidak setuju, maka permintaan kita tidak bisa diproses lebih lanjut. Pertanyaannya sekarang, sebandingkah ‘kunci’ akses yang kita berikan dengan kepuasan mendapatkan ‘ramalan’ akan sifat atau teman kita?

Sebuah artikel di BBC (http://www.bbc.com/news/technology-34922029) mengingatkan akan perlunya berhati-hati. Walaupun pada artikel yang membuat tulisan di BBC tersebut dibuat (https://www.comparitech.com/blog/vpn-privacy/that-most-used-words-facebook-quiz-is-a-privacy-nightmare/) sudah disertakan tanggapan dari salah satu perusahaan yang membuat kuis yang dimaksud, bahwa data yang diambil tidak akan disimpan maupun digunakan untuk keperluan lain tanpa izin, tapi pesan-pesan di situ layak diresapi. Saya kutip di sini:

“Perilaku orang-orang terhadap privasi itu tidak tetap. Rumah kita pasangi tirai, tapi memakai fb dan google biasanya tanpa mengubah pengaturan privasi,” kata Dr Stuart Armstrong, peneliti dari Oxford University.

Yah, kalau dipikir-pikir kita mau install aplikasi android pun hampir selalu dimintai persetujuan akses terhadap buku telepon, galeri dsb-nya, ya. Dan karena memang kita sekarang susah jauh dari aplikasi tertentu yang sudah bagaikan bagian hidup sehari-hari, plus kalau dilogika pastinya aplikasi tersebut memang butuh akses untuk bisa menyimpan nomor telepon, mengunggah foto dll, akhirnya kita terima-terima aja.

Oh ya, sebelum lanjut lagi, ‘kuis’ yang dimaksud di sini maksudnya ya seperti disebutkan di awal tulisan. Kalau di majalah dulu biasanya diawali dengan pertanyaan-pertanyaan yang kemudian dihitung skornya dari jawaban, lalu bisa dilihat hasilnya berdasarkan skor tersebut. Bukan kuis berhadiah/kontes/giveaway, walaupun pernah juga saya menemukan ada kuis berhadiah yang mengharuskan peserta ‘memasang’ apps tertentu dalam fb, dengan persetujuan akses profil pula. Kuis berhadiah begini, apalagi jika penyelenggaranya bonafid, lazimnya rajin mencantumkan syarat dan ketentuan di awal (untuk mengurangi risiko efek hukum di kemudian hari), dan yang perlu digarisbawahi, dalam bahasa setempat, jadi lebih mudah dipahami pembacanya.

Trus, memangnya data kita bisa diapain, sih? Kok kayaknya parno banget, gitu. Well, kalau kata comparitech sih, “Companies who you have never met can now access your entire Facebook profile–friends, photos, statuses and all–and use them in ways you never directly agreed to. ”

Worth it nggak, tuh?

(astaga, kenapa saya jadi pakai bahasa campur-campur sih ya di sini ;D).

One thought on “Hati-hati Mengisi Kuis di Facebook!

  1. Pingback: Cara Mengatasi Fb Kita Memposting Link Ajaib | Leila's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s