Nostalgia MP — Pe-er dari Mba Maya

multiply

Kemarin Mba Maya Siswadi (yang sekarang aktif ngeblog di http://www.advencious.com/ dan http://www.bunda3f.net/) posting di grup Blogger MP, mengajak mengenang masa-masa ngeblog di Multiply dulu. Layanan blogging multiply yang awalnya diperkenalkan ke saya oleh seorang teman di milis pembaca sebuah majalah ini memang dulu menjadi awal mula saya belajar bikin blog. Suasana di Multiply begitu kekeluargaan dengan dukungan konsepnya yang semi jejaring sosial. Jadi berbalas komentar atas suatu postingan menjadi suatu keseruan tersendiri. Perbedaan lokasi, waktu, dan latar belakang tidak menjadi kendala untuk menjalin hubungan pertemanan. Di kesempatan tertentu ada yang membuat program khusus untuk semakin mengeratkan persahabatan, termasuk kegiatan bakti sosial, menulis buku sama-sama dll. Beberapa produsen dan penerbit pun membuka akun di sini, yang menjembatani interaksi dengan pengguna produk mereka. Juga ada penulis-penulis yang menceritakan proses kreatif sebuah karya, berbagi tips menulis dan berhubungan dengan penerbit, yang bikin diri ini bisa banyak belajar.

Sayang, pada 1 Desember 2012 Multiply menutup platform blogging-nya dan berubah sepenuhnya menjadi marketplace. Waktu itu sebenarnya disediakan opsi untuk memindahkan seluruh postingan ke penyedia jasa lain seperti blogspot atau wordpress, tetapi saya masih ragu mengingat keharusan menyetting ulang sebagian postingan ditambah dengan kesibukan pekerjaan pada saat itu. Akhirnya saya hanya sempat menyelamatkan foto-foto dari sana, dengan bantuan adik. Pada bulan Mei 2013 Multiply malah sepenuhnya berhenti beroperasi.

multiply-screenshot

Setelah kelahiran anak pertama yang sekaligus bertepatan dengan momen kepindahan saya ke kantor di Jakarta yang jauh lebih sibuk, saya jadi jarang sekali menyentuh Multiply lagi. Kalaupun login, saya paling hanya berkunjung ke blog beberapa kawan yang namanya sedang terlintas di kepala, tidak sanggup lagi blogwalking ke semuanya dan mencermati news feed. Kemudian saya malah lebih sering ke Multiply untuk berbelanja, mengingat waktu itu Multiply memberikan promo-promo yang lumayan menggiurkan dan belum banyak ditawarkan marketplace lain di Indonesia. Berhubung saya menjelang/baru punya bayi ya toko perlengkapan bayilah yang banyak saya kunjungi, seperti athayababyluv, ummubebek, bayitembem, dan momioo. Yang lain tidak begitu ingat dan nyari di arsip e-mail juga tidak ketemu, padahal saya ingat pernah beli power bank juga pakai program diskon MP (selain itu juga pernah beli gendongan bayi dan menstrual cup yang harganya sudah berkali-kali lipat sekarang). Oh ya, ada juga toko MP yang sudah jadi langganan saya sejak sebelum fitur resmi Marketplace diluncurkan, di antaranya Seriallovers tempat pesan DVD, momykidy, dan khonsababyshop tempat belanja perlengkapan sejak hamil atau buat beli kado teman yang lahiran, mba uwi maniapasta. Mungkin ada lagi ya, tapi jujur sekarang lupa, hehehe. Awal-awal dulu sih interaksi penjual-pembeli itu enak banget lho, pelayanannya personal dan kadang jadinya curcol😀. Tapi pernah juga kecewa, sih, pesan (preorder jahit) baju dan yang datang tidak sesuai ekspektasi, dikomplain juga tidak ada tanggapan, hiks.

Nah, kalau ditanya saya dulu suka blogwalking ke mana, ini agak susah dijawab😀. Semua postingan yang mampir di news feed saya anggap layak dikunjungi, sih. Tapi memang ada yang paling ngangenin seperti mba dianadji, mba wahida ariffianti (cikicikicik), ayuk yeni di Kanada, mba wayanlessy, mba sintayudisia, mba retnadi nur’aini, mba miapiyik, mba pingkanrizkiarto, mba arumbarmadisatrio, mba srisariningdiyah, mba novikhansa, bundaelly, mba ainun sovia, sinta sinthionk, mba ira prajuritkecil, uni dian onasis, mba yudith fabiola, mba rinurbad, mba harlia hasyim, mba gita lovusa, mba dianmardi, anty januaresty, mba maya siswadi buda2f, mba shanti, mba vienna alifa, mba lulu basmah, fathia, teguh rasyid, mba eva latifah evanda, uni innaputri, mbak dedew, dr. apin, teh tethy ezokanzo, pak Syamsul thetrueideas yang mengenalkan sunnah, mas bambangpriantono, pak amin yadi, ivonie, lalu fatah, mba titin fatimah, mba yuni yang sekarang punya baraka tekstil, yuni, mba niken, mba naya di solo, eyang shopi, ayuk delingya, para member milis CC gina gintsya yang bikin saya kenal mp, irmoth, ida az, indri, riniw, tasha, siapa lagi ya, tuh banyak kaan. Ini belum termasuk sesama pegawai Kemenkeu yang saya ikutin juga (inge, teh asri arsiati, mba elfi yang ketemu lagi waktu seleksi AAS, kak withri, pak aa haq, pak chairul, pak hari ribowo yang pejabat eselon II dst), saya jadi kenal beberapa angkatan di bawah saya di STAN walau belum pernah ketemu berkat MP ini (andiah zahroh, icha chairunisahsf, athiah listyowati, anas, priyo priyayimuslim, fit ms panggarbessy, riya adril, opi cepaka, banyakk lagi).

Yang paling ‘bersejarah’ sih mungkin dr. Farian Sakinah alias ianpokian. Kami sudah berteman di MP sejak saya belum hamil dan beliau belum nikah, begitu keluarga saya pindah ke Jakarta ternyata tinggal tidak jauh dari beliau yang akhirnya jadi dokter keluarga kami hingga sekarang. Ya, dari MP-lah saya kenalan dengan beberapa tenaga kesehatan dan ‘aktivis’ Milis Sehat, yang bikin saya mulai paham Rational Use of Medicine dan alhamdulillah jadi tidak terlalu blank ketika sudah punya anak (walaupun ternyata semakin hari semakin banyak ilmu yang harus dipelajari, setidaknya dari Milis Sehat saya belajar memahami bagaimana dan ke mana seharusnya mencari ilmu terkait kesehatan dengan tepat). Juga Mba Imazahra yang membuka jalan saya mewujudkan impian ‘jadi penulis’, maksudnya punya karya yang diterbitkan. Mba Ima inilah yang berinisiatif membuka audisi naskah kisah nyata bertema cinta jarak jauh, yang kemudian terbit dengan judul Long Distance Love (Lingkar Pena Publishing House, 2008).

Yang saya sesali, begitu pindah ke Jakarta sebetulnya kan banyak ya kemungkinan bisa kopdaran dengan para blogger MP. Dulu aja zaman saya masih di Pangkalpinang, kalau sedang de-el ke Jakarta atau mudik ke Solo dan ada waktu luang saya bela-belain deh ketemu dengan para MP-er. Semoga masih ada kesempatan bersua dan berinteraksi dalam kegiatan nyata yang senantiasa positif, ya…

Sumber gambar: http://newshero.net/2013/04/update-multiply-gets-a-facelift-and-still-down/

Daftar MP-er yang sekarang jadi WP-er bisa dibaca di sini https://iwanyuliyanto.co/2012/09/06/list-ex-blogger-mp-yang-kini-blogger-wp/.

4 thoughts on “Nostalgia MP — Pe-er dari Mba Maya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s