NHW9 Kelas Matrikulasi IIP Batch 2

Nice Homework #9

BUNDA sebagai AGEN PERUBAHAN

Bunda, kalau sudah menemukan passion (ketertarikan minat) ada di ranah mana, mulailah lihat isu sosial di sekitar Anda, belajar untuk membuat solusi terbaik di keluarga dan masyarakat.

Rumus yang kita pakai:

PASSION + EMPATHY = SOCIAL VENTURE.

Social venture adalah suatu usaha yang didirikan oleh seorang social entrepreneur baik secara individu maupun organisasi yang bertujuan untuk memberikan solusi sistemik untuk mencapai tujuan sosial yang berkelanjutan.

Sedangkan social entrepreneur adalah orang yang menyelesaikan isu sosial di sekitarnya menggunakan kemampuan entrepreneur.

Sehingga Bunda bisa membuat perubahan di masyarakat diawali dari rasa empathy, membuat sebuah usaha yang berkelanjutan diawali dengan menemukan passion dan menjadi orang yang merdeka menentukan nasib hidupnya sendiri.

Hal ini akan membuat kita bisa menyelesaikan permasalahan sosial di sekitar kita dengan kemampuan entrepreneur yang kita miliki. Sehingga untuk melakukan perubahan tidak perlu menunggu dana dari luar, tapi cukup tekad kuat dari dalam.

Mulailah dari yang sederhana, lihat diri kita, apa permasalahan yang kita hadapi selama ini Apabila kita bisa menyelesaikan permasalahan kita dan membagikan sebuah solusi, bisa jadi ini menjawab permasalahan yang dihadapi oleh orang lain. Karena mungkin banyak di luar sana yang memiliki permasalahan yang sama dengan kita.

Setelah selesai dengan permasalahan kita sendiri, baru keluar melihat isu sosial yang ada di sekitar kita.

Bagaimana caranya? Isilah bagan-bagan di bawah ini:

Contoh:

bagan NHW 9 1

bagan NHW 9 2

Selamat menjadi agen perubahan

Karena

Everyone is a Changemaker

(Setiap orang adalah agen perubahan).

Sampai jumpa di perkuliahan Ibu Profesional selanjutnya untuk bisa lebih memahami secara detil matrikulasi IIP ini.

Salam,

Tim Fasilitator IIP.

No. Minat, Hobi, Ketertarikan Skill (Hard/Soft) Isu Sosial Masyarakat Ide Sosial
1. Membaca Membaca cepat untuk menghemat waktu maupun membaca dengan hati-hati agar tidak salah paham, memilih penulis yang kredibel, skor TOEFL dan IELTS reading baik. Minat baca masyarakat rendah, daya tahan membaca semakin terbatas karena terbiasa dengan media sosial yang serba-singkat. Ibu-ibu di sekitar, anak-anak. Membuka perpustakaan yang terjangkau atau gratis, mengadakan lomba ulasan bacaan, sekaligus bisa membuka lapangan kerja untuk yang ditugasi menjaga (pendelegasian), mengadakan kursus bahasa Inggris sederhana.
2. Menulis Menulis kisah nyata, menulis liputan, menulis analisis formal. Generasi instan yang kurang terampil menulis bermakna, ketidakmampuan menuangkan perasaan dengan tertata misalnya melalui tulisan juga bisa menyebabkan emosi tidak tersalurkan dan maksud tidak tersampaikan dengan baik, imbasnya bisa berupa perilaku negatif. Remaja di sekitar, pengguna media sosial, rekan kerja. Mengadakan pelatihan dan lomba menulis, mensosialisasikan manfaat menulis, membantu mengarahkan untuk pengiriman karya, lebih sering berdiskusi untuk mempertajam analisis.
3. Menyusui dan Kesehatan Keluarga Memilah artikel kesehatan dari sumber yang dapat diandalkan atau ahlinya, mencari dari sumber aslinya langsung yang umumnya berbahasa Inggris (didukung nilai TOEFL dan IELTS yang baik). Banyaknya beredar mitos yang tidak benar seputar kesehatan, kurang pedulinya masyarakat khususnya orangtua yang seolah pasrah atau malah takut dengan hal-hal seputar kesehatan dan pengobatan, informasi di dunia maya terkadang menyesatkan (baik berupa hoax maupun yang dikeluarkan oleh pihak dengan kepentingan tertentu). Pengguna media sosial, teman-teman sekerja. Mendedikasikan waktu untuk menjadi admin di grup pendukung menyusui dan kesehatan keluarga di facebook sebagai sarana edukasi, misalnya menjawab pertanyaan dengan mengarahkan ke sumber bacaan yang sahih (agar bisa belajar sama-sama, bukan hanya jawaban ya/tidak walaupun  akhir-akhir ini banyak yang terang-terangan menuntut demikian), sambil terus menjalin hubungan dengan para ahlinya agar tidak ketinggalan update kebijakan atau tata laksana baru.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s