Easy Gembira, Nyuci Enteng Berbonus Me Time Berkualitas

Beberapa waktu yang lalu dokter keluarga kami yang aktif melakukan edukasi tentang diet dan olahraga yang baik dan benar sempat menjawab pertanyaan seseorang di media sosial terkait apakah aktivitas yang biasa dilakukan ibu-ibu bisa digolongkan sebagai olahraga. Misalnya mencuci, menyapu, dan mengepel. Jawaban beliau, kegiatan seperti itu termasuk aktivitas fisik, dan untuk tahu apakah bisa dihitung sebagai olahraga maka kita bisa cek apakah kita mudah lelah atau tidak, bagaimana lingkar pinggang, juga berapa kadar gula darah dan kolesterol kita. Jika badan terasa kurang fit apalagi nilai tes gula darah dan kolesterol di luar batas normal, bisa jadi aktivitas kita masih belum mencukupi untuk disebut sebagai olahraga.

Masalahnya, ibu-ibu pada umumnya mengeluhkan minimnya waktu yang tersedia. Yang di rumah sibuk dengan pekerjaan rumah yang tidak ada habisnya, yang kerja kantoran mungkin berangkat gelap pulang juga sudah gelap plus waktunya sepertinya lebih asyik dihabiskan untuk quality time dengan keluarga. Jadi boro-boro me time deh, termasuk menyisihkan waktu khusus untuk olahraga.

Nah, bagaimana kalau ada yang bisa menolong memenuhi beragam kebutuhan para ibu ini? Easy, deterjen unggulan asal Jepang persembahan PT Kao Indonesia melalui produk-produknya hadir dengan solusi cerdas. Urusan cuci pakaian bisa lebih mudah dan mudah dan cepat terselesaikan, baik menggunakan tangan maupun mesin cuci. Dengan inovasi terbaru Easy yaitu satu kali kucek yang setara dengan sepuluh kali kucek deterjen lain dan satu kali bilas yang setara dengan tiga kali bilas deterjen lain, mencuci pakaian jadinya serasa dibantu oleh kekuatan 10 tangan. Efeknya, urusan mencuci bisa selesai dengan lebih mudah dan cepat. Kalau PR yang itu sudah selesai, artinya ada waktu luang yang lebih lapang yang bisa dimanfaatkan untuk me time, termasuk mengaktualisasikan diri dan menjaga kebugaran melalui olahraga. Bonusnya, tubuh lebih bugar dan semangat untuk beraktivitas sehari-hari juga lebih terpompa, kan? Bukan cuma untuk para ibu sih ya sebetulnya, hanya saja kampanye Easy yang dimulai pada bulan Maret 2017 ini memang fokus bertujuan agar kaum wanita dapat memanfaatkan waktu luangnya di tengah banyaknya tanggung-jawab rumah tangga yang dilakukan sehari-hari, sebagai kelanjutan dari kampanye tahun lalu yang berfokus pada pemberdayaan wanita.

Kampanyenya sendiri disebut dengan nama Easy Gerakan Mencuci Gembira atau “Easy Gembira”. Diharapkan, kampanye ini bisa menginspirasi para wanita agar dapat memanfaatkan waktu luang dengan menikmati kegiatan olahraga yang menyenangkan seperti senam Easy Gembira, yang gerakannya fun, easy, dan impactful. Saya sudah mengintip gerakan senamnya yang diunggah di YouTube dan ada pula cuplikannya yang dimuat di instagram sebagai acuan bagi yang ingin berlatih, gerakannya terbilang tidak sulit diikuti tapi cukup untuk mengajak para ibu bergerak aktif. Lagunya yang ceria pun mudah dingat. Model dalam video acuan tersebut adalah artis dan instruktur senam profesional Liza Natalia, yang terkenal dengan gerakan senamnya nan energik. Menurut mba Liza, senam sudah jadi salah satu olahraga yang dapat dilakukan oleh wanita dengan mudah dan memiliki banyak manfaat, seperti menjaga metabolisme tubuh dan meningkatkan stamina.

Easy Gembira juga menyelenggarakan kompetisi senam yang akan mempertandingkan sekitar 4.000 wanita, di 20 titik di Jakarta. Program ini juga mendapatkan dukungan dari Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) DKI Jakarta, khususnya Jakarta Utara. Kompetisi senam “Easy Gembira” pada tingkat final akan mempertandingkan perwakilan para grup pemenang dari 20 titik tersebut, yang rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 9 April 2017 di Mall Artha Gading, Jakarta Utara, di mana Liza Natalia bertindak selaku juri.

Tersedia hadiah menarik untuk berbagai kategori penilaian, lho. Proses kompetisi senam Easy Gembira dan foto-foto kegiatannya dapat diikuti di laman Facebook “Easy Gembira” (@easygembira), yang di-update secara aktif selama masa program ini.

Dari laman facebook inilah saya memperoleh informasi bahwa di dekat tempat tinggal saya juga akan dilaksanakan kompetisi senam Easy Gembira, tepatnya di RPTRA Utan Kayu Utara (Utakara) Beriman. Jadilah pada hari Sabtu tanggal 1 April lalu saya dan keluarga pergi ke sana, karena ingin tahu secara langsung bagaimana sih jalannya kampanye oleh Easy ini. Kami tiba di lokasi pagi-pagi dan ternyata sudah banyak ibu-ibu berkumpul, mayoritas mengenakan seragam yang didominasi oleh warna ungu dan pink. Acara dibuka dengan senam bersama keseluruhan peserta sekaligus sebagai pemanasan, baru dilanjutkan oleh penampilan dari masing-masing tim yang berkompetisi.

Cuaca mendung tak menghalangi serunya kampanye Easy Gembira hari itu. Bisa kelihatan kan ya betapa semangatnya para ibu mempraktikkan senam Easy Gembira, yang gerakannya antara lain memang mirip dengan kegiatan mencuci dan menjemur baju. Sesuai dengan salah satu kalimat dalam lagu yang mengiringinya, “Nyuci jadi enteng, kan ada Easy!” Kreatif yaa koreografernya.

Selain kegiatan senam, di lokasi yang sama Easy juga mendirikan booth yang memberi penawaran bonus untuk setiap pembelian produk Easy, juga ada lho hadiah untuk yang mengunggah aktivitas kampanye tersebut di media sosial. Lumayan lho, dapat satu renceng deterjen cair Easy :).

Mengutip keterangan ibu Susilowati, Associate Vice President Fabric & Home Care dan Human Health Care PT Kao Indonesia, “Wanita cerdas menggunakan waktu luangnya untuk melakukan kegiatan aktualisasi diri, terutama dalam menjaga kesehatan dan kebugaran mereka. Hal ini tetap dapat dilakukan tanpa meninggalkan tanggung-jawab mereka terhadap pekerjaan rumah tangga sehari-hari.” Wanita kan memang terkenal mahir multitasking ya, nah yang pernah saya baca dalam artikel psikologi, multitasking dalam hal aktivitas itu bagus, tidak seperti multitasking memikirkan banyak hal dalam satu waktu yang bisa berakibat pekerjaan malah tidak kunjung tereksekusi. Jadi cucian beres, badan sehat, dan kegembiraan yang timbul bisa menjadi suntikan semangat agar semuanya dijalani dengan ringan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s