Tantangan Level 5 (Menstimulasi Anak Suka Membaca) Hari 1

Tantangan Kelas Bunda Sayang IIP Level 5 ini terus terang saya suka banget, tapi di sisi lain jadi ujian juga…. Saya suka membaca buku dan membacakan ke anak-anak, anak-anak alhamdulillah juga sudah terlihat tumbuh kesukaannya pada buku, tapi sanggupkah kami konsisten? Apalagi di bulan Ramadhan, pulang kantor biasanya nyambung berbuka, sholat Maghrib, tak lama kemudian sholat Isya dan tarawih. Belum lagi target harian Ramadhan. Kapan waktunya baca bareng anak-anak? Tapi alhamdulillah, lumayan tertolong karena suami sedang libur kuliah cukup lama, jadi seperti petang ini misalnya, saya dapat laporan dari Fathia kalau tadi sudah baca buku ini dan itu bersama ayah.

Hari ini mulai laporan yang kemarin dulu aja ya… Mohon maklumi Pohon Literasi yang masih seadanya, hehehe.

 

Hari pertama, 7 Juni 2017.

Fathia (5 tahun 7 bulan) baca buku Cika Alergi (salah satu buku dari Seri Anak Sehat dari penerbit Erlangga for Kids). Buku ini pertama kali saya tahu dari The Urban Mama. Penasaran, saya pun beli walaupun belum nemu keseluruhan judulnya. Untuk buku yang ini, anak-anak dikenalkan pada adanya kondisi alergi yang mengenai sebagian orang. Apa saja yang kira-kira bisa memicu reaksi alergi, apa saja gejalanya, dan bagaimana penangannya. Ada tambahan penjelasan juga dari dokter. Sayang nggak dapat fotonya waktu dibacakan, yang tampak malah foto adiknya. Oh ya, sebetulnya kemarin Fathia buka-buka buku lain sih, buku Aktivitas Ramadhan. Tapi ini lebih ke buku kegiatan ya, semacam menghubungkan titik-titik, menghitung dst.

Fahira (2 tahun 6 bulan) antusias ketika saya membuka bungkusan buku Hmmm… (penerbit Rabbit Hole). Buku dengan lembaran tebal (board book) karya anak negeri yang berlatar belakang psikologi ini punya konsep mengenalkan emosi sekaligus menampilkan tesktur yang menggambarkan emosi atau perasaan tertentu tadi. Ada rasa sedih yang diwakili awan mendung dari bahan kelabu bertekstur lembut, ada rasa senang dengan tempelan bunga-bunga plastik mungil, ada pula rasa terkejut yang digambarkan dengan bahan bertekstur sedikit kasar warna merah. Kalimatnya pendek-pendek dengan banyak ilustrasi.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s