Tantangan Level 5 (Menstimulasi Anak Suka Membaca) Hari 5

Hari kelima, 11 Juni 2017

Fathia (5 tahun 7 bulan) dibacakan buku Sahira Cinta Allah (tulisan teh Tethy Ezokanzo, penerbit Salamadani). Ini salah satu buku favoritnya yang dulu sempat minta dibacakan setiap hari, tapi belakangan sudah jarang dibuka lagi. Ada beberapa cerita di buku ini dengan tokoh utama Sahira dan adiknya, Raihan, beserta ibu mereka. Dari sini anak-anak bisa mendapatkan hikmah untuk meminta hanya pada Allah, bahwa Allah selalu melihat perbuatan kita dan ada malaikat yang senantiasa mencatat, juga bahwa kelak ada surga yang menanti dengan segala kesenangannya.

Fahira (2 tahun 6 bulan) dibacakan buku kesukaannya juga, Bagaimana Menyuapi Adik (Ida S. Widayanti, penerbit Sahabat Ufuk). Saking sukanya, ia sudah hafal beberapa kalimat dalam buku tersebut, bahkan bisa mengulanginya lagi sambil memegang buku lain (jadi dia pura-pura membaca, padahal isi bukunya berbeda). Awalnya, buku ini saya beli untuk Fathia menjelang kelahiran adiknya. Melalui buku ini anak-anak jadi belajar bahwa makanan adik bayi memang berbeda dengan anak yang sudah lebih besar. Apalagi yang giginya sudah lengkap, tentu sudah tidak bisa lagi hanya minum susu sepanjang hari seperti adik bayi.

Sebelumnya, Fahira juga sempat membuka-buka buku Princess Khadijah: Kisah Princess yang Gemar Bersikap Adil dan Misteri Timbangan Ikan (karya mba Shinta Handini, penerbit Lentera Hati). Buku princess Islami begini biasanya memang menarik perhatian anak-anak perempuan karena ilustrasinya yang cantik. Dari ketertarikan, semoga teladan princess dalam buku tersebut juga ikut meresap, kali ini tentang perlunya berlaku jujur.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s