Camilan Rabu Materi Kelas Bunda Sayang IIP Level 9 (Think Creative)

๐ŸงCamilan Rabu 9.1๐Ÿง (08/11)

Warna Pembangkit Kreativitas

๐ŸŽจ Warna menjadi sebuah unsur penting dalam kehidupan, warna bahkan mampu memberi stimulasi spesial sehinggaย kreativitasย makin terasah.

๐ŸŽจ Warna secara psikologis terbukti bisa mempengaruhi suasana hati. Untuk itu jangan segan memanfaatkan efek psikologis warna secara maksimal dalam mendekorasi ruang kerja.

๐ŸŽจ Berikut beberapa warna yang dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas:

๐Ÿ“˜ Menurut penelitian dari University of British Columbia, warna biru adalah warna ideal untuk lingkungan kerja kreatif. Warna biru ini membangkitkan kemampuan komunikasi, kepercayaan, dan efisiensi.

Biru juga memiliki efek menenangkan, sangat bagus untuk ruang kerja dan bisa memicu pemikiran-pemikiran baru. ๐Ÿ’™๐Ÿ’™

๐Ÿ“— Warna lain yang terbukti bisa meningkatkan produktivitas adalah warna hijau. Warna dengan pigmen gelombang rendah ini memberikan kesan harmonis dan keseimbangan, dan berdampak positif pada kelahiran inovasi.

Hal tersebut terungkap dari tim peneliti dari University of Munich.

“Hijau memiliki implikasi lebih dari nuansa estetika, warna ini sangat harmonis, terbuka, menyegarkan sekaligus hangat dan bisa membangkitkan kreativitas pemikiran,” kata Stephanie Lichtenfeld, salah satu tim peneliti. ๐Ÿ’š๐Ÿ’š

๐Ÿ“™ Jika kita membutuhkan suntikan energi, beralihlah ke warna oranye. Warna ini dapat meningkatkan kreativitas dan mood.

Warna oranye memicu semangat, vitalitas, kreativitas, melambangkan sosialisasi, penuh harapan dan dapat menimbulkan perasaan positif, senang, gembira, optimis, penuh energi, dan bisa mengurangi perasaan tertekan. ๐Ÿ’›๐Ÿ’›

๐Ÿ’œ Berikutnya yaitu warna ungu, menghias rumah dengan warna ini juga dapat menstimulasi daya imajinasi dan membantu meningkatkan kreativitas.

๐ŸŽŠ๐ŸŽŠ Ulala.. ternyata warna dinding rumah dan kantor pun dapat kita create untuk memicu kreativitas ๐Ÿ˜๐ŸŽจ

โœ’ Sumber Referensi:
๐Ÿ”ธWarna Ruangan yang Bisa Membuat Anda Kreatif https://simomot.com/2014/02/17/warna-warna-ruangan-yang-bisa-membuat-anda-lebih-kreatif-dan-pintar/
๐Ÿ”ธDua Warna Pembangkit Kreativitas https://m.dream.co.id/lifestyle/dua-warna-pembangkit-kreativitas–161108y.html
๐Ÿ”ธKarakter Warna edupaint.com/warna/ragam-warna/224-read-110404-karakter-warna.html

 

๐ŸŽจ๐ŸŽ‰๐ŸŽจ๐ŸŽ‰๐ŸŽจ๐ŸŽ‰๐ŸŽจ๐ŸŽ‰๐ŸŽจ๐ŸŽ‰๐ŸŽจ

Camilan Rabu 9.2 (15/11)

๐ŸŽ Tips Memacu Kreativitas Anak

๐ŸŽญ Be CREATIVE ๐ŸŽญ

Setiap anak terlahir kreatif, tugas kitalah sebagai orangtua untuk merawat serta memacu kreativitas mereka. Bagaimana caranya? Berikut adalah beberapa tips bagi orangtua untuk memacu kreativitas anak yang terangkum dalam kata CREATIVE..

๐ŸŒŸ Calm: Tenang๐ŸŒŸ
Fokuslah pada PROSES bukan pada HASIL. Seringkali kita tidak sabar untuk mengarahkan anak dalam berkreasi, padahal anak sudah terlahir kreatif. Yakinlah bahwa kotor atau berantakan dari kreativitas yang dihasilkan merupakan sebuah pengalaman belajar yang bermakna bagi anak.

๐ŸŒŸ Raise: Bangkitkan๐ŸŒŸ
Bangkitkan kreativitas anak dengan menjadi stimulan bagi kreativitasnya, jadilah motivator bagi mereka. Hindari sikap meremehkan hasil kreasi anak.

๐ŸŒŸ Exposure: Paparan ๐ŸŒŸ
Tunjukkan bahwa kita ibu yang kreatif terlebih dulu dengan menyelesaikan masalah sehari-hari atau saat mendampingi anak dengan cara yang kreatif. Karena pendidikan karakter itu ditularkan, bukan diajarkan. Misalnya bagaimana kita membuat kreasi mainan dari kertas atau dus bekas daripada membelikan mainan yang mahal.

๐ŸŒŸ Appreciation: Apresiasi ๐ŸŒŸ
Berikan apresiasi sesimpel apa pun kreasi mereka. Dorong anak untuk mempercayai penilaian pribadi mereka. Ajak mereka untuk menghargai keunikan diri serta kreasinya.

๐ŸŒŸ Time: Waktu๐ŸŒŸ
Berikan waktu bagi anak untuk berkreasi tanpa meninggalkan tanggung jawab mereka, misalnya dengan memberikan ruang khusus kreasi serta rentang waktu agar mereka bisa membereskan kembali ruangan seusai berkreasi.

๐ŸŒŸ Involve: Terlibat ๐ŸŒŸ
Saat anak memerlukan bantuan atau pendampingan kita pada suatu peran, terlibatlah dengan aktif dan bersemangat. Jadikan waktu berkreasi bersama menjadi momentum memperkuat bonding.

๐ŸŒŸ View: Mengamati ๐ŸŒŸ
Hindari untuk terlalu banyak mengatur atau mengarahkan kreatifitas anak. Cukup untuk mengamati & biarkan kreativitas anak bermunculan secara alami.

๐ŸŒŸ Environment: Lingkungan ๐ŸŒŸ
Bentuklah lingkungan ramah anak yang mendorong munculnya kreativitas, seperti ruang gerak yang luas, alam terbuka, buku, alat/mainan edukatif dll.

๐Ÿ“š Sumber Rujukan ๐Ÿ“š
Buku Bunda Sayang, Institut Ibu Profesional, 2013
https://www.google.co.id/amp/s/m.wikihow.com/Develop-Child-Creativity%3famp=1
http://onetimethrough.com/boost-your-childs-creativity/

๐ŸŽจ๐ŸŽ‰๐ŸŽจ๐ŸŽ‰๐ŸŽจ๐ŸŽ‰๐ŸŽจ๐ŸŽ‰๐ŸŽจ๐ŸŽ‰๐ŸŽจ

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s